Seribu Penghargaan Buat Mereka Yang Sudi...

BLOG ENTRI RENCAM DARIPADA AKU... JEMPUT KE SANA YE..

Selasa, 19 Oktober 2010

Robinhood.. Si Pencuri Dermawan


diambil dan diolah serba sedikit daripada..
wtriatno.multiply.com/journal/item/20 
sebagai koleksi peribadi 

ROBIN HOOD
Legenda atau Sejarah?


Cerita tentang Robin Hood adalah hikayat yang menjadi legenda sejak era pertengahan. Kisah heroik perjuangan seorang penjahat budiman pembela rakyat jelata dalam melawan tirani yang kejam ini seakan tidak pernah berhenti untuk di ceritakan. Apalagi cerita ini dipenuhi dengan kisah cinta yang mengharu biru dan persahabatan yang mengagumkan. Cerita tentang Robin Hood terbukti tidak lekang oleh zaman walau sudah diceritakan ratusan tahun dan mungkin berdasarkan kisah nyata.

Legenda itu  bermula di sebuah tempat di inggris raya, Nottinghamshire yang dipimpin oleh Tirani kejam, Sheriff of Nothingham, Robin Hood tampil sebagai pahlawan rakyat jelata dan sekaligus musuh bagi para penguasa dengan merampok kaum berada dan membagikannya pada rakyat jelata. Robin Hood dikisahkan memiliki pasukan berjumlah 140 orang dengan basis pergerakan di hutan Sharewood dan di bantu oleh teman-temannya yang di kenal dengan The Merry Men : Little John, Friar Tuck, Maid Marion, Allan a Dale, Will Scarlet, Much The Miller. Berdasarkan cerita John of England, Pangeran John di ceritakan sebagai tokoh antagonis, saat perebutan tahta dengan Richard.

Ahli sejarah dan peneliti memiliki kesimpulan yang sama bahwa Robin Hood mungkin pernah hidup di akhir abad 13 sekitar tahun 1261 - 1300. Seseorang, mungkin lebih dari satu, bernama Robin hood pernah hidup di beberapa waktu yang berbeda. Catatan pengadilan Kota York mencatat seseorang bernama Robert Hod, seorang penjahat di tahun 1225/6. Di tahun-tahun berikutnya, setidaknya ada 8 orang bernama Robin Hood, Robehood atau Hobbehod di sekitar inggris (dari Berkshire hingga York selatan) dan paling tidak 5 orang diantaranya adalah penjahat. Di sepanjang tahun 1226 pula Sherrif of Notingham, William de Grey, berhadapan secara aktif dengan pemberontak di Hutan Sherwood. Sepertinya pada saat itu, beberapa pemberontak dan juga penjahat atau pelarian dari hukuman kebanyakan lari dan bersembunyi di hutan itu. Karena hutan tersebut dianggap berbahaya dan biasanya orang-orang menyeberangi hutan tersebut dalam kelompok-kelompok besar untuk menghindari ancaman penyergapan dan pembajakan. Bersamaan dengan itu cerita tersebut berkembang menjadi legenda.

Pada tahun 1850, ditemukan catatan sejarah yang menarik perhatian tentang seorang pengembara bernama Robert Hood, Anak dari Adam Hood. Ia lahir pada tahun 1280 dan hidup bersama istrinya Matilda di Wakefield, Yorkshire. Referensi tersebut dibuat asums bahwa mereka adalah Robin dan Marion dari Sherwood.

Di tahun 1261, sebuah catatan kepolisian menceritakan William de Fevre yang pada tahun berikutnya sebagai pelanggar hukum yang dikenal sebagai William Robehood atau Robin Hood. Hal ini menjadikan nama itu populer dikalangan pelanggar hukum yang lalu dijadikan nama yang umum untuk para pelanggar hukum pada waktu itu.

Hingga berabad-abad lamanya sebuah cerita legenda rakyat, kehidupan seseorang bernama Robin Hood diceritakan. Walau begitu, tidak ada tahun yang pasti yang melatari cerita tersebut. Pada tahun 1852, Joseph Hunter, seorang pustakawan dan asisten pencatatan sejarah, menerbitkan kajiannya tentang keberadaan Robin Hood yang sebenarnya.

Referensi paling awal tentang Robin Hood adalah Puisi yang dibuat oleh William Langland ditahun 1377 berjudul ”The Vision of William Concerning Piers Plowman.”Tapi ia bukan sebagai tokoh utama dalam puisi itu. Sedangkan balada yang paling awal yang menceritakan Robin Hood secara lengkap adalah A Gest of Robyn Hode, tahun 1400, yang menghubungkan antara Kota Nottingham, Bernsdale, Hutan Sherwood dan Sheriff of Notingham. Kisah itu sebenarnya menceritakan seorang Raja bernama Edward sedang melakukan perjalanan keliling negeri. Pada saat itu ia bertemu dengan seseorang yang bernama Robin Hood yang sudah sebagai penjahat yang mendapatkan ampunan dan bekerja pada sebuah pengadilan setempat. 15 bulan kemudian, Robin Hood kembali sebagai pemberontak. Robin Hood muncul pula dalam buku yang ditulis oleh Andrew of Wyntoun, Orygynale Chronicle, yang ditulis tahun 1420. Dalam buku itu, kontekstual yang dipakai adalah sejarah di tahun 1283. Dalam buku yang dibuat oleh John Fordum berjudul Scotichronocon, pada tahun 1440 menyebutkan tokoh Robin Hood dan sahabat karibnya Little John sebagai pembunuh yang lalu menjadi simbol masyarakat bawah.

Pada sejarah aslinya, Raja Edward II memang gemar mengembara sepanjang Inggris Raya. Balada itu menceritakan ketika Raja Edward sedang melakukan perjalanan di antara bulan april dan November tahun 1323. Disamping itu, Joseph Hunter juga menemukan catatan keberadaan seseorang yang bernama Robyn Hood yang bekerja pada pengadilan setempat ditanggal 24 maret hingga 22 November 1324. Yang lalu diberhentikan dengan alasan tidak dapat dipekerjakan lagi. Dengan asumsi ini, kedua tokoh tersebut kemungkinan bertemu karena berada pada tahun dan bulan yang sama.

Beberapa nama ditawarkan oleh beberapa ahli sejarah sebagai Robin Hood yang asli. Dari nama-nama tersebut kesemuanya memiliki kesamaan visi yaitu membela rakyat lemah dari tirani. Nama-nama tersebut adalah :

  1. Robert Fitz Ooth – Earl of Huntington (1160-1247)
Teori ini diusung oleh Dr. William Stukeley. Robert lahir di Loxley dan hidup hingga 87 tahun. Robert Fitz Ooth adalah pelanggar hukum di abad 12 yang tanahnya dikuasai oleh Earl of Chester (sebuah nama yang berhubungan dengan Robin Hood dalam “Vision of Piers the Plowman.”). Namun teori ini mendapatkan sanggahan cukup keras oleh Prof. J.C. Holt yang mengatakan kemungkinan ini sangat dipaksakan dan penuh khayalan.

  1. Robert De Kyme (1210 – 1285)
Robert De Kyme merupakan anak tertua dari William de Kyme yang mengalir darah orang-orang Saxon. Robert de Kyme adalah pelanggar hukum di tahun 1226 karena perampokan dan mengganggu ketenangan Raja. Ia di ampuni di tahun 1227. Menurut Jim Lees, seorang peneliti sejarah, biografi Robert de Kyme memiliki kemiripan dengan Balada “A Geste” termasuk kembalinya Robert de Kyme ke hutan sebagai pelanggar hukum setelah pengampunannya di tahun 1227.

  1. Robin Hood of The Wakefirld Rolls (1290-1347)
Pada tahun 1852, seorang peneliti sejarah, Joseph Hunter, mengemukakan sebuah dokumen sejarah yang mengacu pada spekulasi keberadaan Robin Hood sebagai Robert Hood yang muncul di lembaga persidangan di Wakefield Court Rolls pada tahun 1316 dan tahun 1317. Berdasarkan teorinya, Robert Hood menjadi pemberontak bukan karena pelanggaran hukum, tapi sebagai bagian dalam mendukung Thomas, Earl of Lancester, yang memberontak melawan Raja Edward XI dalam pertempuran Boroughbridge di tahun 1322.

Robert Hood lahir di Loxley dekat Sheffield. Pada umur 15 tahun ia membunuh ayah tirinya karena sebuah argumen. Ia lari ke Barnsdale lalu ke Wakefield, dimana ia tertangkap dan disidangkan.

Di tahun 1317, Earl of Lancester mulai membuat pertahanan militer dari rakyat-rakyat jelata sekitar Wakefield untuk melawan Raja Edward XI dan bangsawan-bangsawan pendukungnya. Pada tahun 1322, para pemberontak menyerang pasukan kerajaan di Boroughbridge tapi kalah dan di eksekusi. Tanah para pemberontak di ambil secara paksa dan di deklarasikan sebagai palanggar hukum. Robert Hood mengumpulkan rakyat-rakyat miskin dan terbuang di hutan Barnsdale untuk hidup dan bertahan di sana.

  1. Sir Robert Foliot (1110-1165)
Sebuah buku yang ditulis Tony Molyneux-Smith mengedepankan teori baru tentang identitas asli Robin Hood. Pendekatan baru ini menempatkan seorang pelanggar hukum yang diluar kebiasaan yaitu bahwa Robin Hood adalah sebuah nama yang dipakai dan diturunkan turun temurun oleh sebuah keluarga bernama Foliot yang menguasai sebuah tempat bernama Wellow di abad 14. Penulis buku itu percaya bahwa Wellow adalah tempat yang mirip dengan hutan Sherwood. Dan keluarga Foliot menggunakan nama Robin Hood untuk menyembunyikan identitas aslinya ketika membela rakyat kecil dan menentang pemerintah yang lalim. Teori ini kurang populer dalam komunitas pencinta legenda Robin Hood.

  1. Robert Hod / Hobbehod
Di tahun 1936, LVD Owen mengedepankan kandidat yang lain tentang identitas Robin Hood. Teori ini berdasarkan catatan pengadilan York pada tahun 1226. Catatan yang lain di tahun yang sama seseorang bernama ‘Hobbehod’ kata lain dari Robert Hod.

Satu hal yang tercatat, pada masa-masa awal legenda itu berkembang, Robin Hood digambarkan bukan dari kalangan aristokrat (Earl of Loxley / Locksley), seperti pada beberapa cerita. Melainkan dari rakyat jelata atau perwira rendahan yang memberontak karena tekanan atas perlakuan hukum yang lebih memihak pada kalangan kaum berada. Dalam cerita yang lain, Robin Hood diceritakan seorang veteran perang salib yang kembali ke Inggris dan menemukan tanahnya sudah dikuasai oleh orang lain dengan paksa. Dalam cerita yang lain pula Robin Hood diceritakan sebagai pemberontak yang keras kepala yang menyukai pertumpahan darah, pembantaian dann pemenggalan terhadap musuh-musuhnya. Cerita Robin Hood memang sering berbeda dalam periode-periode tertentu sebagai bagian dari penceritaan moral dan nilai-nilai yang dibawa dalam sebuah komunitas.

Berdasarkan legenda, Robin Hood, ditemani oleh Little John, melakukan perjalanan ke Biara di Kirklees, di antara kota Brighouse dan Mirfield, Yorkshire, untuk mengobati lukanya. Ia kemudian dikhianati dan dibunuh oleh sepupunya, seorang biarawati dibantu oleh Sir Roger of Doncester. Robin Hood lalu meminta untuk dikuburkan di daerah itu, tempat dimana ia melesatkan panah terakhir menjelang kematiannya. Di era sekarang ini, di sekitar reruntuhan biara itu, 600 meter dari gerbang biara, sebuah nisan di temukan dan bertuliskan “Here lies Robin Hued..” Hal ini juga di sebutkan dalam A Gest of Robyn Hode. Akan tetapi dalam tulisan Thomas Gale, Dean of York (1635-1702), Kematian Robin Hood yang diceritakan Ritson terjadi di tanggal 18 November 1247, ditempat yang sama, di usianya yang ke 67 tahun yang di sebutkan sebagai Earl of Huntington. Sedangkan nisan Little John di temukan di daerah kecil di kota Hathersage.


Dalam cerita yang telah berkembang, Kisah Robin Hood mengambil tempat di hutan Sharewood di Nottinghamshire. Akan tetapi ada juga balada yang menyebutkan kisah Robin Hood di Barnsdale, sebuah area di antara Pontefract dan Doncester dan beberapa kisah yang menyebutkan lokasi di Locksley / Loxley di Sheffield. Tempat terakhir di duga sebagai tempat peristirahatan Robin Hood dalam masa pensiunnya di tahun 1245, yang kemudian tercatat sebagai Robert of Locksley dalam sebuah pengadilan. Dipercaya, gerakan perjuangan Robin Hood meliputi area yang luas dan berpindah-pindah.

Di hutan barnsdale paling tidak ada satu sumur di North Road yang diberi nama ‘Robin Hood’s Well’, ‘Little John’s Well’ dekat Hampole dan sungai bernama ‘Robin Hood’s Stream di Highfields Wood di Woodland. Sebuah pohon oak tua di Nothinghamshire, walaupun keberadaannya masih sering diperdebatkan, disebut-sebut sebagai area tempat tinggal Robin Hood yang sekarang dijadikan lokasi wisata lokal. Pohon itu disebut juga Sycamore Gap, Hadrian’s Wall. Tempat ini pula dijadikan lokasi film Robin Hood : Prince of Thieves.

Tiada ulasan: